Tips merawat kain Tenun

Tak hanya batik, makin hari kain tenun juga makin digemari. Motif dan warnanya yang cantik memang membuat siapa saja ingin memilikinya. Namun hati-hati jika mengoleksinya, sebab tenun memerlukan perawatan khusus supaya warna dan bentuknya senantiasa terjaga. Bagaimana ya caranya?

  1. Saat mencucinya, pertama-tama pisahkan kain tenun dari pakaian lain. Cuci dengan tangan, hindari penggunaan mesin cuci.
  2. Hindari pula penggunaan detergen karena bisa merusak warna asli kain. Lebih baik gunakan lerak yang biasa dipakai untuk mencuci batik.
  3. Cuci kain tanpa direndam dan disikat karena bisa membuat kain rusak. Lagipula biasanya kain tenun tidak terlalu kotor setelah digunakan. Cukup dikucek sebentar, lalu bilas sampai bersih. Peras dengan sangat lembut agar kain lebih awet dan tidak menjadi belel.
  4. Setelah dicuci, jemur kain di tempat yang teduh. Terkena sinar matahari langsung bisa menyebabkan warna kain cepat pudar.
  5. Setrika kain tenun dengan suhu yang tidak terlalu panas.
  6. Jangan lupa untuk membalik kain saat menjemur dan menyetrikanya. Menyetrika bagian luar baju bisa menyebabkan warna kain menjadi pudar.
  7. Setelah bersih, gantung kain tenun di dalam lemari. Yang pelu diingat, hindari kontak langsung dengan pengharum lemari atau kamper (berdempetan atau melekat) karena bisa merusak warna kain.
Tidak terlalu sulit kan perawatannya? Selamat mencoba di rumah!

by Toko Discount